PENCARIAN

Jumat, 17 Mei 2013

Toyota KE - 20 ?






Krisis bahan bakar pada tahun 1974 membuat kebanyakan orang di Amerika pindah dari mobil Amerika yang bermesin besar ke mobil kecil yang ekonomis. Hal ini membuat Corolla sukses terjual dalam jumlah yang besar. Corolla Sedan, Hardtop, dan Wagon berbasis 30-series, Sprinter Sedan 40-series. Corolla dan Sprinter Sports Coupe dan Liftback berbasis 50-series. Semua model yang menggunakan mesin dengan emisi rendah, Toyota Total Clean (TTC), 60-series, model ini hanya dijual di Jepang.
Sekilas info mengenai restorasi kendaraan Toyota  ini :
  • Untuk urusan mesin, tidak terlalu merepotkan karena pada dasarnya memakai mesin 3K yang mudah dalam urusan perawatan.
  • Kapasitas mesinnya 1.200cc. Jika ingin kapasitas mesin yang lebih besar, bisa pakai mesin 4K 1.300cc tanpa mengubah engine mounting
  • Jika sudah pasang A/C, alternator harus pakai yang lebih besar. Bisa pakai dari mobil lain atau rekondisi. Kalau rekondisi sekitar 800 ribu.
  • Jika ingin lebih Ekstrim lagi, Bisa pakai mesin 4A-GE copotan dari Sprinter Trueno AE86, tapi wajib melakukan ubahan pada engine mounting
  • Pengapian bisa ditingkatkan dengan cara menambahkan koil merk MSD yang dibandrolsekitar 1 juta dalam kondisi baru.
  • PCD asli dari KE20 adalah 4x110. biasanya dibubut ulang menjadi 4x114,3 agar mudah dalam memilih velg
  • Rem wajib dilakukan ubahan, utamanya pada bagian booster. Karena KE20 standar belum dilengkapi booster. Untuk booster, bisa pakai punya corolla DX
  • Untuk velg, pilihan melimpah bila telah merubah PCD menjadi 4x114,3. Bisa pilih Enkei Compe 8 bila ingin bergaya reli. Tom's Igetta atau Tosco juga bisa jadi pilihan jika ingin terlihat ala balap zaman dahulu 
  • Bumper sebisa mungkin diusahakan kondisinya bagus. Apabila sudah kusam/kurang bagus, solusinya bisa dilapis krom lagi.
  • Grill depan bisa pakai grill dari versi Levin KE20 jika ingin tampil beda
  • Jika ingin dibuat bergaya reli, bisa pasangkan lampu sorot Cibie Oscar di bagian depan. Bisa juga dipasangkan mud guard AVCO di bagian bumper depannya. Yang penting disesuaikan dengan tahunnya
  • Kurang disarankan memakai roof rack ataupun spion tanduk eks DX GT, karena tidak sesuai dengan tahunnya
  • Bisa ditambahkan over vender agar terlihat sporty. Sebagai referensi, bisa contek desain over vender Levin KE20
  • Bisa juga pakai emblem-emblem Sprinter generasi KE20 jika ingin tampil beda

Untuk pilihan model sesuaikan dengan diri anda, semoga bermanfaat ….!

Tidak ada komentar: