PENCARIAN

Kamis, 27 Juni 2013

Revolusi Kendaraan Part I

      Perkembangan kendaraan tidak pernah akan lepas dari sejarah penemuan mesin kendaraan. Pada tahun 1784 James Watts berhasil menemukan mesin uap. Sejarah selanjutnya mencatat bahwa Joseph Cugnot telah berhasil membuat mobil bertenaga uap dan telah memberikan bentuk model sebuah kendaraan yang dapat bergerak. Namun karena terdapat berbagai masalah pada mesinnya, maka perkembangan bodi kendaraan nyaris tidak ada.


Pada tahun 1876, Nikolaus August Otto (seorang investor dalam dunia teknik berkebangsaan Jerman) berhasil menciptakan mesin dengan proses empat langkah yang hingga saat ini digunakan oleh jutaan manusia. Tentunya masa demi masa, mesin ciptaan Otto ini selalu mengalami evolusi dan revolusi, hingga mesin-mesin empat langkah sekarang memiliki kecanggihan yang luar biasa, tapi hal ini akan terus berkembang. Mesin ciptaan Otto ini termasuk dalam mesin pembakaran dalam (Internal Combustion Engine) yang proses penemuannya saat itu memerlukan pemikiran yang sangat
cermat dan teliti. Lima belas tahun kemudian, enginer Karl Benz dan Gottlieb Daimler secara terpisah membuat kendaraan yang praktis dan laku dipasaran. Kedua enginer tadi terus bersaing dalam mengembangkan kendaraan ciptaannya. Tahun 1883 Daimler berhasil menciptakan mesin dengan sistem pembakaran sempurna yang mampu menggerakkan mesin dengan kecepatan antara 700-900 rpm. Kemudian Daimler berusaha keras membuat mesin untuk sepeda, dan hasilnya merupakan sepeda motor pertama di dunia. Tahun berikutnya Daimler membuat kendaran roda empat yang pertama. Sedangkan Karl Benz juga tidak mau ketinggalan dan membuat kendaraan beroda tiga. Mobil buatan Benz hanya memiliki kecepatan sekitar 400 rpm, tetapi sudah dapat dianggap sebagai kendaraan praktis. Akhirnya keduanya bergabung dan membuat kendaraan secara bersama-sama dengan nama Mercedes Benz yang sampai sekarang sangat terkenal namanya.


    Sedangkan di daratan Amerika, pada tahun 1896, Henry Ford juga membuat kendaraan. Pada tahun 1908 beliau mengeluarkan kendaraan dengan tipe “model T6”. Kendaraan tipe ini memiliki keistimewaan mudah dikendarai dan dindingnya yang tebal, keduanya merupakan wujud dari Ford mulai memperhitungkan keselamatan (safety) dalam berkendara. Dengan penyempurnaan secara terus menerus menjadikan mobil  Ford lebih memasyarakat dan dapat dijangkau oleh daya beli masyarakat. Sampai saat ini, kendaraan Ford sangat berkembang dan menjadi kendaraan kebanggaan warga Amerika.

Tidak ada komentar: